Cristiano Ronaldo Menjadi Sosok Sentral Di Tim Nasional Portugal

Cristiano Ronaldo Menjadi Sosok Sentral Di Tim Nasional Portugal

Cristiano Ronaldo, Portugal – Beberapa pemain telah diramalkan akan menjadi bintang turnamen EURO 2016. Turnamen besar antar negara memang biasanya menjadi ajang pembuktian diri para pemain bintang dan juga seringkali memunculkan bintang baru. Cristiano Ronaldo disebut – sebut sebagai salah satu pemain yang akan menjadi bintang EURO 2016. Pemain internasional Portugal berusia 31 tahun tersebut mungkin akan menjalani turnamen besar terakhir di saat masih berada di kondisi puncak. Meski tampil kurang meyakinkan di partai final Liga Champions Eropa; namun Ronaldo menunjukkan karakter dan mental juara dengan keberhasilan mengeksekusi penalti yang akhirnya menentukan kemenangan Real Madrid atas rival sekota Atletico Madrid. Ronaldo juga terbilang kurang padu dengan sistem permainan pemain lain di tim nasional Portugal; namun kebebasan yang diberikan manajer Fernando Santos menjadi kelebihan yang seringkali berhasil dimanfaatkan Ronaldo dengan kontribusi penting berupa gol.

Cristiano Ronaldo Menjadi Sosok Sentral Di Tim Nasional Portugal

Fernando Santos sepertinya memahami kelebihan seorang Cristiano Ronaldo dan kontribusi penting apa yang bisa diberikan sang pemain sebagai individu di lapangan. Manajer tim nasional Portugal tersebut memberi Cristian Ronaldo kebebasan bergerak serta tidak memberi tanggung jawab bertahan saat kehilangan bola. Keputusan tersebut mungkin sedikit kontroversial; namun di sisi lain juga memberi manfaat besar. Kebebasan bergerak bagi Ronaldo pada saat menyerang yang direncanakan sejak awal; membuat sang pemain berada di luar sistem permainan para pemain lain. Hal tersebut ditambah dengan kenyataan bahwa Ronaldo tidak mengikuti seluruh sesi latihan tim nasional Portugal karena aktif bersama klub ataupun menjalani waktu istirahat yang lebih panjang.

 

Kemampuan Ronaldo melepaskan diri dari kawalan pemain lain, mencari posisi ideal untuk mencetak gol serta memanfaatkan peluang sekecil apapun memang dapat berdampak besar bagi hasil pertandingan baik ketika bermain untuk Real Madrid ataupun tim nasional Portugal. Fernando Santos sepertinya akan memainkan formasi 4 – 4 – 2 dengan memainkan Ronaldo bersama Nani sebagai 2 penyerang yang bergerak bebas. Kedua pemain tersebut merupakan pemain sayap alami sehingga pergerakan keduanya akan sulit diprediksi; ditambah dengan kemampuan Ronaldo dan Nani bertukar posisi di sisi kanan atau kiri pertahanan lawan.